Pahami 5 Modal Dasar Pemasaran Bisnis
Memulai bisnis ataupun usaha selalu membingungkan bukan? Mulailah
dari strategi pemasaran. Persaingan yang ketat dalam bisnis mendorong
para pelaku usaha untuk menciptakan strategi baru yang tentunya efektif
untuk mengatasi persaingan yang ada. Bagi anda yang sedang merintis
usaha, coba Pahami 5 Modal Dasar Pemasaran Bisnis. Jika selama ini para pelaku usaha mengandalkan marketing mix yang terdiri dari 4P (product, price, place, dan promotion)
untuk menjaring para konsumen, saat ini ada strategi jitu yang bisa
Anda jadikan sebagai pondasi utama dalam menjalankan kegiatan pemasaran.
Apa saja pondasi dasar tersebut?
Berikut
ini kami informasikan 5 modal dasar dalam pemasaran yang perlu
diperhatikan para pelaku usaha guna memenangkan persaingan pasar.
1. Ciptakan total strategi
Setiap
produk tentunya membutuhkan cara dan strategi tersendiri untuk bisa
berhasil menarik perhatian pasar. Hal ini perlu Anda perhatikan dan
rencanakan dengan matang, agar strategi yang Anda ciptakan bisa sesuai
dengan minat dan kebutuhan target pasar yang telah Anda bidik. Apabila
pasar berhasil terbentuk, maka selanjutnya giliran Anda merencanakan
strategi baru untuk mengelola loyalitas pelanggan dan mempertahankan
eksistensi bisnis Anda di tengah persaingan pasar yang semakin padat.
2. Perhatikan teknik pemasaran dan proses yang Anda jalankan
Teknik
serta proses pemasaran yang akan Anda jalankan ke depannya menjadi
salah satu poin penting yang perlu dipersiapkan secara tepat. Mulai dari
perencanaan program yang akan dijalankan, perencanaan anggaran biaya
yang dibutuhkan, cara membangun komunikasi yang optimal antara pelaku
usaha dan konsumen, sampai cara mengevaluasi berhasil tidaknya strategi
pemasaran yang dijalankan.
3. Lakukan survey pasar untuk mengetahui trend yang sedang berkembang
Dengan
survey langsung ke lapangan, Anda bisa mengetahui trend atau strategi
pemasaran seperti apa yang saat ini sedang diminati para konsumen. Dari
hasil survey tersebut, selanjutnya Anda bisa menentukan langkah-langkah
yang paling efektif untuk mendukung aktivitas pemasaran bisnis Anda.
Jadi, Anda tidak salah menentukan strategi pemasaran dan berhasil
memenuhi permintaan para konsumen.
4. Manfaatkan teknologi untuk memperluas jangkauan pasar
Pemanfaatan
teknologi merupakan strategi yang cukup penting di tengah perkembangan
era digital seperti sekarang ini. Dukungan teknologi yang serba canggih
dan media informasi yang semakin luas jangkauannya menjadi peluang bagi
Anda untuk bisa menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Beberapa strategi
yang bisa Anda jalankan dengan bantuan teknologi antara lain membuat
website untuk memasarkan produk atau jasa Anda, membuat forum online
untuk memperluas jaringan bisnis, membuat database hasil riset pasar,
dan lain sebagainya.
5. Skill SDM di bidang pemasaran
Tak
bisa kita pungkiri bahwa sejitu apapun strategi pemasaran yang
diciptakan, tentunya tidak akan pernah berhasil tanpa adanya dukungan
SDM yang benar-benar handal. Karena itu, modali SDM yang Anda miliki
dengan pengetahuan dan skill khusus di bidang pemasaran, sebelum
akhirnya mereka terjun langsung ke pasaran. Poin ini penting, karena
strategi pemasaran tak akan berjalan optimal tanpa dukungan pelaku pasar
dengan kemampuan yang kompeten.
Dengan
modal pondasi dasar yang kuat, maka strategi pemasaran yang Anda
jalankan juga akan berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan yang
maksimal. Jangan takut untuk mencoba strategi baru, dan temukan cara
yang paling efektif bagi pemasaran bisnis Anda. Salam sukses.
0 komentar on "pemasaran"
Posting Komentar