Minggu, 24 Juni 2012

cyber crime

Diposting oleh Unknown di 03.17

                                           Cybercrime 

 

A. Latar belakang masalah
    Sebelum adanya personal komputer, komputer-komputer didunia hanya berada di dalam instansi-instansi pemerintah dan kantor-kantor bisnis yang besar saja. Komputer pada waktu itu hanya terbatas pada jenis-jenis komputer tententu seperti komputer mini dan komputer main frame saja.
Kebutuhan akan personal computer naik secara drasatis. Merasuknya personal computer kejaringan kehidupan masyarakat menumbuhkan kebutuhan baru bagi pemakai komputer tersebut, yaitu kebutuhan untuk saling bertukar informasi antar komputer. Pertukaran informasi antar komputer dilakukan dengan menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.
Hubungan ini dapat dilakukan dengan menghubungakn komputer-komputer melalui kabel secara langsung. Atau dapat pula dilakukan secara tidak langsung seperti hubungan satelit. Jika beberapa komputer dihubungakn satu dengan yang lain melalui hubungan komunikasi, mereka adalah bagian dari jaringan kerja komputer (computer network). Dengan berkembangnya computer-computer inilah bermunculan berbagai macam kejahatan computer.

    Kejahatan komputer itu dapat dikatagorikan sebagai “White Collar Crime” yang dalam beroperasinya lebih banyak menggunakan pikiran/otak. Kejahatan ini sangat sulit untuk diberantas, dikarenakan banyak faktor, diantaranya yaitu: Penanganan yang kurang serius, Pada umumnya kejahatan komputer dilakukan oleh orang-orang yang teramat fanatik terhadap komputer.

B. masalah
I. Kejahatan Komputer Sulit di Berantas
    Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa kejahatan komputer semakin menjamur dan sulit diberantas. Faktor-faktor itu antara lain adalah sebagai berikut:
1. Masih sedikitnya pegawai-pegawai komputer yang mengetahui cara kerja komputer secara rinci.

2. Para pelaku kejahatan komputer adalah orang-orang yang pada umumnya cerdas, mempunyai perasaan keingintahuan yang besar, “fanatik” akan teknologi komputer.

3. Buku-buku tentang kejahatan komputer tidaklah banyak

4. Kejahatan komputer itu terselubung dan terorganisasi rapi.

5. Mudah dilakukan, resiko untuk ketahuan kecil dan tidak diperlukan peralatan yang super modern.

6. Terlalu percaya kepada komputer.

7. Kurangnya perhatian dari masyarakat.

II. Jenis-jenis Kejahatan Komputer
    Banyak orang menyangka bahwa untuk melakukan suatu kejahatan di bidang komputer diperlukan peralatan canggih yang mahal dan setidak-tidaknya mempunyai suatu keahlian khusus atau mempunyai titel dibidang komputer. Dugaan ini adalah salah besar. Kejahatan komputer bisa dilakukan dengan peralatan komputer yang sederhana dan harganya murah. Bahkan kejahatan ini bisa dilakukan dengan menggunakan “dumb terminal“.
Pada dasarnya hanya ada 2 pengetahuan yang mutlak harus diketahui oleh para penjahat komputer :
1. Para penjahat komputer harus mengetahui bagaimana cara mendapat akses ke dalam komputer perusahaan yang menjadi targetnya.
2. Para penjahat komputer harus mengetahui bagaimana manipulasi prosedur-prosedur sistem komputer untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Kejahatan computer ini juga di golongkan beberapa bagian:
• Kejahatan Komputer Secara Internal
Kejahatan komputer secara internal adalah kejahatan yang dilakukan oleh atau mendapat bantuan dari “orang dalam”. Para pelaku kejahatan tidak perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkan akses ke dalam komputer perusahaan, karena sebagian besar “orang dalam” telah mempunyai akses ke dalam komputer perusahaan. Kejahatan komputer jenis ini sangat tergantung pada mekanisme kerja sistem komputer perusahaan yang bersangkutan.
• Kejahatan Komputer secara Eksternal
Kejahatan komputer secara eksternal adalah kejahatan yang dilakukan dari luar instansi tanpa bantuan “orang dalam”. Kejahatan jenis ini dilakukan oleh seorang yang sebelumnya sama sekali tidak mengetahui tentang sistem komputer yang bersangkutan.
Kejahatan komputer secara eksternal jauh lebih sulit dibandingkan dengan yang dilakukan secara internal. Penjahatnya adalah orang-orang yang mempunyai pengetahuan komputer, orang yang mempunyai kemampuan tehnis komputer diatas rata-rata.

C. Pokok masalah
     Hacker Perkataan “Hacker” muncul sekitar tahun 1960-an dimana komputer-komputer masih merupakan “monster” yang besar ukurannya. Pada zaman ini Hacker berarti seorang yang menunggu, menjaga dan engoperasikan komputer. Mereka ini pada umumnya adalah para ahli pendisain dan peneliti di bidang komputer.Dengan menjalankan program tertentu mereka mampu menghentikan semua kegiatan komputer.
Pada tahun 1965 istilah hacker berkembang artinya, Hacker bukan hanya seseorang yang dapat mendisain dan menciptakan komputer. Hacker juga berarti seorang programmer yang senang “bermain-main” dengan komputer, seperti menemukan hal-hal baru dalam penggunaan komputer, mencari-cari kelemahan sistem operasi, dan sebagainya. Para programmer pada saat ini masih bekerja pada level bahasa mesin dan bahasa assembly.


I. Aspek yang berkaitan dengan Persyaratan Keamanan
   Secrecy, yaitu data yang berhubungan dengn akses membaca data dan orang Hecker sebenarnya dapat dibagi menjadi 4 tahapan :
1. Mencari sistem komputer untuk dimasuki (dan mengumpulkan informasi).
2. Menyusup Masuk.
3. Menjelajahi sistem tersebut (termasuk mencari akses ke seluruh bagiannya).
4. Membuat backdoor dan menghilangkan jejak.
Dua hal penting yang dimiliki seorang Hacker :
1. Pengetahuan tentang kelemahan sistem yang akan dimasuki.
2. Pengetahuan tentang cara memanfaatkan kelemahan tersebut.
BBS merupakan jaringan komputer perorangan yang dioperasikan dirumah-rumah dengan menggunakan sebuah personal computer, dilengkapi dengan modem dan software host. Pada umumnya hacker menggunakan BBS sebagai sarana untuk berkomunikasi satu dengan yang lain, melakukan download / upload file-file yang berhubungan dengan dunia hacking.Ada beberapa Ancaman Keamanan Komputer yang di timbulkan oleh para hacker:
Interruption, yang merupakan ancaman terhadap avilability, yaitu : data dan informasi yang berada dalam sistem komputer dirusak atau dibuang, sehingga menkai tidak ada dan tidak berguna, contohnya harddisk yang dirusak, memotong line komunikasi dan lain-lain.
Interception, yang merupakan ancaman terhadap secrecy, yaitu : orang yang tidak berhak berhasil mendapatkan akses informasi dari dalam sistem komputer, contohnya dengan menyadap data yang melaluui jaringan public (wiretapping) atau mengkopi secara tidak sah file atau program.
Modification, yang merupakan ancaman terhadap integritas, yaitu : orang yang tidak berhak tidak hanya berhasil mendapatkan akses informasi dari dalam sistem komputer, melainkan juga dapat melakukan perubahan terhadap informasi, contohnya adalah mengubah program dan lain-lain.
Fabrication, yang merupakan ancaman terhadap integritas, yaitu orang-orang yang tidak berhak meniru atau memalsukan suatu objek ke dalam sistem, contohnya adalah dengan menambahkan suatu record ke dalam file.

D. solusi
    Pada era komputer saat ini, lingkup keamanan dari suatu sistem komputer mencakup hal-hal yang berkaitan :
Keamanan Fisik
Fasilitas komputer harus diletakkan pada tempat yang dapat dikontrol, karena kemungkinan penyalahgunaan dapat terjadi (user yang tidak disiplin meninggalkan komputer dalam keadaan hidup, sehingga orang orang yang tidak berhak dapat menggunakan fasilitas komputer tersebut.
Keamanan Akses
Seluruh akses terhadap sistem komputer secara administrasi harus terkontrol dan terdokumentasi, sehingga apabila ada suatu permasalahan dapat segera diketahui penyebabnya dan mencari solusi permasalahannya.
Keamanan File atau Data
Untuk file atau data yang sensitif dan bersifat rahasia, diperlukan tingkatan akses dan bahkan dibuatkan suatu kode sandi tertentu, sehingga apabila file atau data tersebut dicuri, isi informasinya tidak dengan mudah didapatkan.
Keamanan Jaringan
   Dengan pemanfaatan jaringan public, data yang ditransmisikan dalam jaringan harus aman dari kemungkinan dapat diketeahui isi informasinya, sehingga untuk informasi yang sensistif harus dibuatkan kode sandi tertentu untuk pengamanannya pada saat transmisi.
   Kejahatan computer bagaimanapun bentuknya memang sangat meresahkan bagi pengguna computer sendiri khususnya para hacker yang jika di lihat dari cara kerjanya sudah sangat mengganggu. Bayangkan saja bila sebuah instansi pemerintah bisa di bobol dengan mudah di obrak-abrik program-program yang ada maka bisa kita bayangkan bagaimana efek yang di timbulkan oleh para hacker ini. Akan tetapi jika di lihat dari segi positifnya kejahatan computer bisa di katakan sangat berguna dan memang sangat di perlukan. Karna dengan adanya kejahatan computer khususnya para hacker inilah kita di tuntut untuk lebih ekstra hati-hati dalam segala hal,baik dalam hal pengamanan, ketelitian dan lain sebagainya dan di tambah lagi dengan munculnya hacker yang handal ini pulalah sekarang muncul bermacam-macam ilmu ataupun cara yang seimbang pula untuk menangani masalah hacker.

0 komentar on "cyber crime"

Posting Komentar

 

Irmahg blog's Copyright 2011 My Sweet Blog kage Designed by Templates By Blogger Styles | Blogger Image by Tadpole's Notez